Jumat, 02 Oktober 2015

'WAHABI' DAN SYAIKH MUHAMMAD BIN ABDIL WAHHAB


Pertanyaan ketiga dari fatwa nomor 6477

PERTANYAAN:
Sebagian orang pernah mengatakan kepada saya, "Ada gerakan yang disebut dengan 'wahabi'."

Lalu saya katakan kepada mereka, "Itu bukan wahabi, Hanya saja sebutan itu telah dibuat-buat oleh para petinggi (hijaz) yang bertujuan untuk menjauhkan manusia dari dakwah yang menyeru kepada pembaharuan." 

Akan tetapi salah seorang berkata kepada saya, "Sesungguhnya syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab -rahimahullah dahulu memang pernah melakukan perbaikan diniah, akan tetapi beliau menyimpang di akhir hidupnya tatkala beliau tidak menerima beberapa hadits nabawi yang tidak sesuai dengan pandangan beliau."

Maka apa tanggapan anda?

JAWABAN:
Syaikh Muhammab bin Abdil Wahhab adalah salah seorang du'at salafy yang paling besar, menyeru kepada aqidah yang selamat serta manhaj yang lurus. Beliau -rahimahullah telah menulisnya sebagai kumpulan referensi dalam hal itu.

Dan apa yang telah anda sebutkan tentang  komentar dari seseorang yang tidak suka dengan dakwah beliau, seraya mengatakan: Sesungguhnya beliau telah menyimpang di akhir hidup beliau tatkala beliau tidak menerima beberapa hadits nabawi yang tidak sesuai dengan pandangan beliau, - maka ini adalah kedustaan dan celaan kepada syaikh. Sungguh beliau wafat dalam keadaan beliau merupakan salah seorang yang paling bersungguh-sungguh di dalam memuliakan sunnah dan menerimanya. Bahkan beliaulah yang juga mendakwahkannya.

Wabillahit taufiq washallallahu 'alaa nabiyyina Muhammad, wa alihi washohbihi wasallam.

Al Lajnah ad Da'imah lil buhuts al Alamiyah wal Iftah

Ketua:
Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz

Wakil ketua:
Abdurrozaq Afify

Anggota:
Abdullah bin Ghydayyan
Abdullah bin Qu'ud

---------------------
http://shamela.ws/browse.php/book-8381#page-1389

السؤال الثالث من الفتوى رقم (6477) :

س3: قال لي بعض الناس: إن هناك (الوهابية) ، فقلت لهم: إنه ليس هناك (وهابية) وإنما هي دعوة أطلقها الأشراف ليبعدوا الناس عن الدعوة الإصلاحية، ولكن أحدهم قال لي: إن الشيخ محمد بن عبد الوهاب رحمه الله كان فعلا مصلحا دينيا ولكنه انحرف في آخر حياته حيث رفض بعض الأحاديث النبوية الصحيحة؛ لأنها لا توافق رأيه، فما هو قولكم؟.

ج3: الشيخ محمد بن عبد الوهاب رحمه الله من أكبر الدعاة إلى السلفية والعقيدة السليمة والمنهج القويم وكتبه رحمه الله حافلة بذلك.

وما ذكرت من أن أحد خصوم دعوته قال لك: إن الشيخ انحرف في آخر حياته حيث رفض بعض الأحاديث الصحيحة؛ لأنها لا توافق رأيه - فهو كذب وافتراء على الشيخ، فقد توفي وهو من أشد الناس احتراما للسنة وتقبلا لها، بل ودعوة إليها، رحمه الله.

وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد، وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو ... عضو ... نائب رئيس اللجنة ... الرئيس
عبد الله بن قعود ... عبد الله بن غديان ... عبد الرزاق عفيفي ... عبد العزيز بن عبد الله بن باز

Alih bahasa:
Admin AppSalafy