Minggu, 04 Oktober 2015

JUMLAH TAKBIR BAGI MAKMUM YANG MASBUK DAN MASUK SHAF KETIKA IMAM SEDANG RUKU’

P E R T A N Y A A N:

Berapa kali makmum (masbuk) bertakbir ketika mendatangi shaf dan imam sedang dalam keadaan ruku’? Kami mengharap perincian permasalahan ini.

J A W A B A N:

Dia bertakbir dua kali. Salah satunya adalah ketika dia sedang berdiri, inilah takbir pertama dan takbir ini adalah takbirotul ihrom. Dimana ini merupakan rukun yang harus dikerjakan. Dan tidak dianggap shalatnya ( tidak sah) kecuali dengan takbirotul ihram.

Kemudian bertakbir untuk ruku’.

Namun jika dikhawatirkan tertinggal rakaat, maka cukup baginya dengan takbir pertama saja, dan dicukupkan dari takbir untuk ruku’, INI MENURUT PENDAPAT YANG PALING SOHIH dari dua pendapat dikalangan para ulama.

Dikarenakan dua perkara tersebut (takbir ihram dan takbir ruku’) adalah dua ibadah yang terkumpul pada satu keadaan, maka dicukupkan dengan yang lebih besar dari keduanya, yaitu takbirotul ihram.

Namun SYARAT UNTUK MELAKUKANNYA ialah ketika dia berdiri sebelum ruku’ dengan meniatkan sebagai takbir pertama (takbirotul ihram).

Dan jika dimungkinkan baginya untuk takbir yang kedua yaitu ketika hendak merunduk untuk ruku’, maka ini lebih sempurna.

Tetapi jika tidak dimudahkan (tidak sempat) untuk melakukannya karena sempitnya waktu, cukup baginya takbir yang pertama saja, yaitu takbirotul ihram.”


Fatwa Nur Ala Darb

                              

ﻋﺪﺩ ﺍﻟﺘﻜﺒﻴﺮﺍﺕ ﻟﻤﻦ ﺃﺩﺭﻙ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻓﻲ ﺣﺎﻝ ﺍﻟﺮﻛﻮﻉ

ﺳﺌﻞ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﺑﻦ ﺑﺎﺯ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ

ﻛﻢ ﺗﻜﺒﻴﺮﺓ ﻳﻜﺒﺮﻫﺎ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻡ ﻋﻨﺪﻣﺎ ﻳﺄﺗﻲ ﻭﺍﻹﻣﺎﻡ ﻓﻲ ﺣﺎﻝ ﺍﻟﺮﻛﻮﻉ؟ ﺃﺭﺟﻮ ﺍﻟﺘﻔﺼﻴﻞ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﺴﺄﻟﺔ

ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ
ﻳﻜﺒﺮ ﺗﻜﺒﻴﺮﺗﻴﻦ؛ ﺇﺣﺪﺍﻫﻤﺎ : ﻭﻫﻮ ﻭﺍﻗﻒ ، ﻭﻫﺬﻩ ﺍﻟﺘﻜﺒﻴﺮﺓ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﻭﻫﻲ ﺗﻜﺒﻴﺮﺓ ﺍﻹﺣﺮﺍﻡ ، ﻭﻫﻲ ﺭﻛﻦ ﻻ ﺑﺪ ﻣﻨﻪ ، ﻭﻻ ﺗﻨﻌﻘﺪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺇﻻ ﺑﻬﺎ . ﺛﻢ ﻳﻨﺤﻂ ﻣﻜﺒﺮﺍ ﻟﻠﺮﻛﻮﻉ ، ﻓﺈﻥ ﺧﺎﻑ ﺃﻥ ﺗﻔﻮﺗﻪ ﺍﻟﺮﻛﻌﺔ ﺍﻛﺘﻔﻰ ﺑﺎﻷﻭﻟﻰ ، ﻭﻛﻔﺖ ﻋﻦ ﺗﻜﺒﻴﺮﺓ ﺍﻟﺮﻛﻮﻉ ﻓﻲ ﺃﺻﺢ ﻗﻮﻟﻲ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ؛ ﻷﻧﻬﻤﺎ ﻋﺒﺎﺩﺗﺎﻥ ﺍﺟﺘﻤﻌﺘﺎ ﻓﻲ ﻣﺤﻞ ﻭﺍﺣﺪ ، ﻓﺎﺟﺘﺰﺉ ﺑﺎﻟﻌﻈﻤﻰ ﻣﻨﻬﻤﺎ؛ ﻭﻫﻲ ﺗﻜﺒﻴﺮﺓ ﺍﻹﺣﺮﺍﻡ ، ﻟﻜﻦ ﺷﺮﻁ ﺃﻥ ﻳﺆﺩﻳﻬﺎ ﻭﻫﻮ ﻭﺍﻗﻒ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﻳﺮﻛﻊ ﺑﻨﻴﺔ ﺍﻟﺘﻜﺒﻴﺮﺓ ﺍﻷﻭﻟﻰ ، ﻭﺇﺫﺍ ﺃﻣﻜﻨﻪ ﺃﻥ ﻳﺄﺗﻲ ﺑﺎﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﻭﻫﻮ ﻓﻲ ﻫﻮﻳﻪ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺮﻛﻮﻉ ﻛﺎﻥ ﻫﺬﺍ ﻫﻮ ﺍﻷﻛﻤﻞ ، ﻓﺈﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﺘﻴﺴﺮ ﺫﻟﻚ ﻟﻀﻴﻖ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﻛﻔﺘﻪ ﺍﻟﺘﻜﺒﻴﺮﺓ ﺍﻷﻭﻟﻰ ، ﻭﻫﻲ ﺗﻜﺒﻴﺮﺓ ﺍﻹﺣﺮﺍﻡ .
ﻧﻮﺭ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺪﺭﺏ

المترجم: أبو زين عبد الله

WA Berbagi Faedah [WBF] |  https://idingabuzain.wordpress.com
————————————————
                       -WBF-