Sabtu, 24 Oktober 2015

MENDAMAIKAN DUA MUSLIM YANG SEDANG BERSELISIH

MENDAMAIKAN DUA MUSLIM YANG SEDANG BERSELISIH

👍🏻Mendamaikan dua muslim yang sedang berselisih merupakan amalan yang sangat agung  dan mulia , karena persaudaraan dan perdamaian merupakan salah satu tujuan dari syariat  islam.

✔Alloh ta'ala berfirman : (( Bertaqwalah kalian kepada Alloh dan damaikan lah orang yang berselisih di antara kalian )) { QS. Al Anfaal ayat 1 }

✅ Alloh Ta'ala berfirman (( Sesungguhnya orang- orang mukmin adalah bersaudara, oleh karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Alloh agar kalian mendapat rahmat.)){QS. Al Hujurat ayat 5}

✔Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam bersabda : (( Dan jadilah kalian hamba-hamba Alloh yang bersaudara )) { dari Abu Hurairah riwayat muslim }.

✔Dari Abu Darda' rodiyallohu 'anhu bahwa rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam bersabda : (( Maukah kalian aku tunjukan kepada kalian sesuatu yang lebih utama di banding derajat puasa , sholat , dan sedekah ? )) para sahabat menjawab : tentu wahai rosululloh , maka Nabi shollallohu 'alaihi wasallam melanjutkan : (( Mendamaikan antara dua orang yang berselisih ... )) di riwayatkan oleh Al-Imam Abu Dawud dan At-Tirmidzi dan di shohihkan oleh Al-Albaniy dalam shohih tarhib wa targhib .

☝🏻Bahkan karena kedudukan dan agungnya amalan ini , maka di perbolehkan seseorang  untuk berdusta  dalam rangka mendamaikan dua belah pihak yang berselisih.

✔Sebagaimana dalam hadits Ummu Kultsum yang di riwayatkan oleh Al-Imam Muslim , bahwa Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam bersabda : (( Bukan termasuk kedustaan , orang yang sedang mendamaikan manusia lalu dia menyampaikan kebaikan ( kpd 2 belah pihak _pent ) dan berkata kebaikan )) .

Wallohu a'la wa a'lam

📚Sumber :
(( Fawaid kajian kitab Al-Adabul Mufrod bersama Al-Ustadz Abu Hudzaifah Yunus hafidzohullohu ta'ala )) di Ma'had Darus Salaf Bontang

✏Di ringkas oleh :
Abu Ruhail Taufiq Ad-Difasiniy

📖Murojaah :
Al-Ustadz Abu Hudzaifah Yunus