Rabu, 11 November 2015

SANGAT MENAKJUBKAN HAFALANNYA

(Bagian 3)

6⃣ Muhammad bin Isma'il Al-Bukhari (Imam Bukhari wafat thn. 256 H)

   Muhammad bin Abi Hatim Al-Warrak berkata : Aku mendengar Hasyid bin Isma'il dan selainnya mengatakan : Dahulu saat masih muda Abu Abdillah Al-Bukhari bergantian bersama kami mendatangi para syaikh di Bashrah. Dia datang ke sana tidak menulis hingga beberapa hari. Maka kami berkata kepadanya :"Sesungguhnya kamu bergantian bersama kami, namun kamu tidak menulis. Lalu apa yang kamu lakukan? "
   Pada suatu hari -setelah lewat enam belas hari- dia berkata kepada kami :"Sesungguhnya kalian berdua banyak komentar dan mendesakku. Perlihatkanlah kepadaku apa yang telah kalian tulis!" Maka kami keluarkan kepadanya catatan yang kami miliki. Lalu dia menambahkan lima belas ribu hadits, yang dia bacakan semuanya dari hafalannya, sehingga kami menjadikan hafalannya sebagai pengoreksi kitab-kitab kami.
   Kemudian dia berkata :"Apakah kalian berpandangan bahwa aku bergantian pergi sia-sia dan aku menyia-nyiakan hari-hariku? " Maka barulah kami mengetahui bahwa tak seorangpun yang bisa mendahuluinya (mengalahkannya). "

(Al-Hats 'ala Hifdzil 'Ilmi hal. 55-56 dan As-Siyar 12/408)

7⃣ Abu Zur'ah Ar-Razi (wafat thn. 264 H)

   Abu Zur'ah berkata :"Tidaklah telingaku mendengar suatu ilmu, melainkan hatiku telah menghafalnya. Dan sesungguhnya aku pernah lewat di pasar Baghdad, maka aku mendengar dari kamar-kamar suara para biduanita, maka aku letakkan jariku di telinga karena khawatir hatiku akan menghafalnya. "

(Tarikh Baghdad 10/333)

�� Admin KIB ALF

�� Kajian Ilmiah Bontang