Selasa, 17 November 2015

IBLIS SAJA MEYAKINI BAHWA AL-QUR'AN ADALAH KALAMULLAH


〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

��Syarh kitab Asy-Syari’ah karya Al-Imam Al-Aajurry rahimahullah

✅Asy-Syaikh Rabi’ bin Hady Al-Madkhaly hafizhahullah

✒Al-Imam Al-Aajurry rahimahullah berkata:

 وَأَخْبَرَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ الْقَزْوِيْنِيُّ أَيْضًا، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ عَبْدَكَ الْقَزْوِيْنِيُّ قَالَ: سَمِعْتُ يَحْيَى بْنَ يُوْسُفَ الزِّمِّيَّ، يَقُوْلُ: بَيْنَا أَنَا قَائِلٌ فِيْ بَعْضِ بُيُوْتِ خَانَاتِ مَرْوٍ فَإِذَا أَنَا

 بِهَوْلٍ عَظِيْمٍ، قَدْ دَخَلَ عَلَيَّ، فَقُلْتُ: مَنْ أَنْتَ؟ قَالَ: لَيْسَ تَخَافُ يَا أَبَا زَكَرِيَّا؟ قَالَ قُلْتُ: فَنَعَمْ، مَنْ أَنْتَ؟ قَالَ: وَقُمْتُ وَتَهَيَّأْتُ لِقِتَالِهِ، فَقَالَ: أنا أَبُوْ مُرَّةَ قَالَ: فَقُلْتُ: لَا حَيَّاكَ اللهُ،

 فَقَالَ: لَوْ عَلِمْتُ أَنَّكَ فِيْ هَذَا الْبَيْتِ لَمْ أَدْخُلْ، وَكُنْتُ أَنْزِلُ بَيْتًا آخَرَ، وَكَانَ هَذَا مَنْزِلِي حِينَ آتِي خُرَاسَانَ قَالَ: فَقُلْتُ: مِنْ أَيْنَ أَتَيْتَ؟ قَالَ: مِنَ الْعِرَاقِ قَالَ وَقُلْتُ: وَمَا عَمِلْتَ

 بِالْعِرَاقِ؟ قَالَ: خَلَّفْتُ فِيْهَا خَلِيْفَةً، قُلْتُ: وَمَنْ هُوَ؟ قَالَ: بِشْرٌ الْمِرِّيْسِيُّ، قُلْتُ: وَإِلَى مَا يَدْعُوْ؟ قَالَ: إِلَى خَلْقِ الْقُرْآنِ، قَالَ: وَآتِي خُرَاسَانَ فَأَخْلُفُ فِيْهَا خَلِيْفَةً أَيْضًا قَالَ: قُلْتُ:

 إِيشِ تَقُوْلُ فِيْ الْقُرْآنِ أَنْتَ؟ قَالَ: أَنَا وَإِنْ كُنْتُ شَيْطَانًا رَجِيْمًا أَقُولُ: الْقُرْآنُ كَلَامُ اللهِ غَيْرُ مَخْلُوْقٍ.

��Telah mengabarkan juga kepada kami Abu Abdillah Al-Qazwainy: telah menceritakan kepada kami Yahya bin Abdak Al-Qazwainy dia berkata: saya mendengar Yahya bin Yusuf Az-Zimmy bercerita:

��“Ketika saya sedang tidur siang di salah satu penginapan di kota Marwa, tiba-tiba ada seseorang yang masuk dalam bentuk yang menyeramkan. Maka saya bertanya: “Siapa engkau?”

��Dia menjawab: “Engkau tidak takut kepadaku wahai Abu Zakariya?!”

��Saya jawab: “Tidak, siapa engkau?” Saya bangkit untuk bersiap menyerangnya.

��Maka dia menjawab: “Aku Abu Murrah.”

��Saya membalas: “Semoga Allah tidak memberimu kehidupan.”

��Dia berkata: “Seandainya aku tahu engkau berada di rumah ini, aku tidak akan masuk dan aku akan tinggal di rumah lain, dan ini adalah rumah yang biasa aku tinggali jika aku datang ke Khurasan.”

��Saya bertanya: “Engkau datang dari mana?”

��Dia menjawab: “Dari Iraq.”

��Saya tanya lagi: “Apa yang engkau lakukan di Iraq?”

��Dia menjawab: “Aku mengangkat seorang khalifah di sana.”

��Saya tanya: “Siapa dia?”

��Dia menjawab: Bisyr Al-Mirrissy.”

��Saya tanya: “Apa yang dia dakwahkan?”

��Dia menjawab: “Meyakini bahwa Al-Qur’an adalah makhluk, dan aku akan pergi ke Khurasan untuk mengangkat seorang khalifah di sana juga.”

��Saya tanya lagi: “Kalau kamu sendiri apa keyakinanmu terhadap Al-Qur’an.”

��Dia menjawab: “Walaupun aku adalah syetan yang terkutuk, aku meyakini bahwa Al-Qur’an adalah kalam Allah dan bukan makhluk.”

��(Asy-Syari’ah hal. 244 no. 217, atsar no. 104, terbitan Muassasah Qurthubah, cet. Pertama tahun 1417 H –pent)

 حَدَّثَنَا أَبُو مُحَمَّدٍ عَبْدُ اللهِ بْنُ الْعَبَّاسِ الطَّيَالِسِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا بُنْدَارٌ مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْحَمِيدِ الْوَاسِطِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو مُوسَى مُحَمَّدُ بْنُ

 الْمُثَنَّى قَالَ: كُنَّا نَقْرَأُ عَلَى شَيْخٍ ضَرِيْرٍ بِالْبَصْرَةِ، فَلَمَّا أَحْدَثُوْا بِبَغْدَادَ الْقَوْلَ بِخَلْقِ الْقُرْآنِ قَالَ الشَّيْخُ: إِنْ لَمْ يَكُنِ الْقُرْآنُ مَخْلُوقًا، فَمَحَا اللهُ الْقُرْآنَ مِنْ صَدْرِيْ قَالَ: فَلَمَّا سَمِعْنَا

 هَذَا مِنْ قَوْلِهِ تَرَكْنَاهُ وَانْصَرَفْنَا عَنْهُ، فَلَمَّا كَانَ بَعْدَ مُدَّةٍ لَقِينَاهُ، فَقُلْنَا يَا فُلَانُ مَا فَعَلَ الْقُرْآنُ؟ قَالَ: مَا بَقِيَ فِيْ صَدْرِي مِنْهُ شَيْءٌ، قُلْنَا: وَلَا {قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ}

 قَالَ: وَلَا {قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ} إِلَّا أَنْ أَسْمَعَهَا مِنْ غَيْرِي يَقْرَؤُهَا.

��Telah menceritakan kepada kami Abu Muhammad Abdullah bin Al-Abbas Ath-Thayalisy: telah menceritakan kepada kami Bundar Muhammad bin Basysyar, dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakr Abdullah bin Muhammad bin Abdul Hamid Al-Wasithy: telah menceritakan kepada kami Abu Musa Muhammad bin Al-Mutsanna dia berkata:

��“Kami dahulu mengambil riwayat dari seorang syaikh yang buta di Bashrah, maka ketika manusia membuat bid’ah di Baghdad dengan menyatakan bahwa Al-Qur’an adalah makhluk, syaikh tersebut berkata:

��‘‘Jika Al-Qur’an bukan makhluk, semoga Allah melenyapkan Al-Qur’an dari dadaku.’’

��Ketika kami mendengar kesesatannya tersebut maka kami meninggalkannya. Beberapa waktu kemudian kami berjumpa lagi dengannya, maka kami bertanya: ‘‘Wahai fulan, apa yang terjadi dengan Al-Qur’an?’’

��Dia menjawab: ‘‘Tidak ada darinya yang tersisa di dadaku sedikit pun.’’

��Kami tanya lagi: ‘‘Walaupun cuma qulhuwallahu ahad?’’ Dia menjawab: ‘‘Walaupun cuma qulhuwallahu ahad, kecuali jika aku mendengar orang lain membacanya.” 

��(Asy-Syari’ah hal. 244 no. 218, atsar no. 105)

��Insya ALLAH bersambung...
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

��Darussalaf.or.id

��Kajian Ilmiah Bontang