Jumat, 06 November 2015

SANGAT MENAKJUBKAN HAFALANNYA ( Bagian 2)

3⃣ Muhammad bin Muslim Az-Zuhri ( wafat thn. 125 H )

   Beliau berkata : "Tidaklah aku menyimpan sesuatupun dalam hatiku lalu aku lupa tentangnya. "

(Hilyatul Auliya 3/364 dan Al-Jami' Lilkhathib 2/264 )

   Beliau juga berkata : "Aku tidak pernah mengulangi satu haditspun, dan aku tidak pernah ragu tentang suatu hadits kecuali satu saja. Maka aku bertanya kepada sahabatku, yang ternyata memang benar seperti yang aku hafal. "

( Hilyatul Auliya 3/363 dan Al-Jami' Lilkhathib 2/253).

4⃣ Sufyan bin Sa'id Ats-Tsauri (wafat thn. 161 H)

   Sufyan -rahimahullah -berkata : "Tidaklah aku menyimpan sesuatupun di dalam hatiku lalu dia menghianatiku (hilang -pent). "

(Al-Majruhin karya Ibnu Hibban 1/50 dan As-Siyar 7/236).

   Beliau juga berkata :"Tidaklah telingaku mendengar sesuatupun melainkan aku bisa menghafalnya, hingga jika aku melewati seorang pendusta yang mengucapkan kedustaan, maka aku tutup kedua telingaku karena khawatir aku akan menghafalnya. "

(Al-Hats 'ala Hifdzil 'Ilmi hal. 39)

5⃣ Abdullah bin Harun Al-Ma'mun (wafat thn. 218 H)

   Al-Amin dan Al-Ma'mun datang kepada Abdullah bin Idris, maka beliau memperdengarkan kepada keduanya seratus hadits. Al-Ma'mun berkata : "Wahai pamanku. Jika engkau mengizinkanku, aku akan ulangi hadits yang telah engkau sampaikan dari hafalanku. " Abdullah bin Idrispun mengizinkan, maka Al-Ma'mun mengulanginya dari hafalannya sebagaimana yang telah dia dengar. Maka Abdullah bin Idris merasa takjub pada hafalannya (Al-Ma'mun).

(Tadzkirah Al-Huffadz 1/281 dan Al-Bidayah wa An-Nihayah 14/14).

Admin KIB ALF

Kajian Ilmiah Bontang